Minggu, 30 Oktober 2011

Mohon Di Jauhkan Dari Kelompok Orang Jahil

" A`uudzu billahi an akuuna minal jaahiliin "
 " Aku berlindung kepada Allah agar tidak termasuk orang-orang jahil " (Qs: Al-Baqarah (2):67)

Penjelasan :

Do`a di atas adalah bagian dari ayat 67 surat Al Baqarah yang memiliki kisah sebagai berikut : Ada sebuah riwayat yang menceritakan sebab musabab timbulnya perintah untuk menyembelih sapi betina, riwayat tersebut mengisahkan bahwa dahulu di kalangan masyarakat Bani Israil ada seorang tua yang kaya raya, orang tersebut di bunuh oleh anak-anak pamannya yang ingin mendapatkan harta warisan darinya secara cepat. Oleh mereka mayat dibawa ke kampung dan dibuang disana. Setelah itu mereka datang ke mapung tersebut dan menuduh penduduk kampung telah membunuh saudaranya. karenanya, mereka meminta diyat (tebusan) atas kematian saudaranya, kemudian terjadilah pertengkaran diantara mereka sampai masalahnya dihadapkan kepada nabi Musa AS. Nabi Musa merasa bingung dan tidak bisa memutuskan man yang benar, lalu mereka meminta kepada Musa agar meminta kepada Allah untuk memberi penjelasan siapakah pembunuh yang sebenarnya. 

Allah SWT segera menurunkan wahyu kepada Nabi Musa yang memerintahkan agar mereka menyembelih sapi betina, setelah itu sebagian anggota sapi itu dipukulkan ke badan orang yang terbunuh dan allah menghidupkan kembali orang tersebut, sehingga ia bisa memberikan kesaksian siapa pembunuh sebenarnya. Perintah Allah ini dianggap sebagai permainan oleh kaum nabi Musa, Nabi Musa telah menyakinkan mereka bahwa Allah benar-benar memerintahkan hal tersebut. akan tetapi mereka terus menerus memperolok Musa, bahkan menganggap Musa sebagai orang yang tidak sehat akalnya (Bodoh) Karena itu Musa memohon kepada Allah agar dijauhkan dari sifat kaumnya yang selalu menertawakan perintah-perintah-Nya dan berlaku acuh tak acuh terhadap ketentuan-Nya. 

Jadi yang dimaksud dengan orang jahil di atas yaitu orang yang mempermaikan perintah Allah dan hanya mau mengikuti haw nafsunya sendiri. Bilaman perintah Allah berlawanan dengan keinginan dan hawa nafsunya, perintah itu di tolak Akan tetapi bila mana sejalan dengan hawa nafsunya, maka perintah atau tuntutan agama tersebut dijalankan. Musa AS tidak mau termasuk golongan semacam itu. 

Do'a di atas memberikan pelajaran kepada kita antara lain :
1. agar kita menjauhi orang-orang yang suka berbuat dosa 
2. agar kita men jauhi segala macam perbuatan yang dapat merusak akhlaq yang baik, yang menghilangkan keinginan untuk mengikuti akhlaq yang baik 
3. Agar kita suka mendengar nasehat-nasehat yang baik sehingga bisa memahami mana perbuatan jahil dan mana perbuatan yang benar 
4. Agar kita menjauhi lingkungan kerja yang bersuasana akhlaq kurang baik 

Dengan cara demikian, insya Allah permohonan kita untuk dijauhkan dari orang-orang jahil akan terkabulkan oleh Allah SWT. 

Do'a ini kita baca kapan saja, terutama ketika menghadapi orang-orang yang jahil atau keadaan yang dipenuhi oleh suasana kejahilan baik di lingkungan pekerjaan,di sekolahan, dll.

0 komentar:

Posting Komentar